Protect your Data! If not you, somebody will do it…

Protect your Data! If not you, somebody will do it… You need to be Secure Computer User!

Seorang officer baru saja kembali bekerja di kantornya setelah usai menikmati liburan akhir tahun bersama keluarga di luar negeri. Ia memasuki ruang kerja nya dengan semangat baru dan langkah pasti. Ahh… Akhirnya aku menduduki kursi kerjaku di ruangan ini lagi. Ia mulai menghidupkan komputer sambil merapikan meja kerjanya yang sudah lama tidak tersentuh akibat efek liburan.

What’sss…. Ada apa ini seketika matanya terbelalak melihat iPhone, iPad dan MacBook kantornya mendadak terkunci sendiri (Lost Mode). Ia mencoba melakukan proses booting tapi tetap tidak berhasil. Semua data nyaris lenyap tidak bisa terbaca kembali… Sistem data ku sudah terkunci.. Dia pun belum membackup datanya… Wah nasibku memang sial! Tapi siapa yang melakukan ini semua?? Bukankah selama ini aku tidak punya musuh siapapun?? Ia berusaha mengingat siapa yang mungkin melakukannya tapi tidak satupun nama yang bisa ia curigai.

Aaaghh… Bagaimana ini… Semua data pribadi dan kantorku seakan terhapus… hilang tanpa jejak… ”Apa yang harus kulakukan??? Ia mencoba tenang dan tidak panic.. Hmm… Ternyata ini bukan dilakukan oleh orang yang membenciku tapi dilakukan oleh seorang Hacker yang telah menyandera datanya dan mencoba meraup keuntungan dari hasil penguncian data ini. Bayangkan saja officer ini harus membayar sekitar 200 juta jika ingin data nya kembali.

Jika anda pernah mengalaminya..anda tidak sendiri… Banyak pengguna Apple, komputer atau gadget lainnya mengalami hal yang sama…

Bagaimana jika hal ini terjadi pada anda??? Sudah siapkah anda menghadapinya??

Sudahkah anda mengamankan data komputer anda?? Tahukah anda apa yang harus dilakukan agar hal ini tidak menjadi sebuah mimpi buruk??

Data anda terkunci… Sistem crash dan reboot sehingga computer anda nyaris lumpuh seperti barang rongsokan… Jika hal ini terjadi… komputer anda harus bersiap untuk menjadi penghuni tong sampah..

Ransomware, Malware, Petya atau virus apapun itu namanya tidak akan pernah membayangi kehidupan anda jika anda bijak untuk memprotect data anda.

Berikut beberapa Cara untuk menjaga data dari serangan Ransomware Hacker  yang dikutip dari dailymail:

  1. Buat data anda safe dengan enkripsi dan lakukan selalu secure backup. Backup sebaiknya dilakukan di drive yang tidak terkoneksi dengan jaringan.
  2. Update dan patch sistem operasi komputer anda. Adanya lubang keamanan yang berbahaya menjadi penyebab terjadinya ransomware. Update dan patch sistem operasi yang anda gunakan.Secure Computer User (CSCU)
  3. Gunakan software Antivirus dan selalu update signaturenya.
  4. Didik rekan kerja anda tentang fundamental security. Banyaknya kasus keamanan jaringan karena kurangnya awareness security dari semua orang. Perlu diingat security awareness bukan hanya buat orang IT! Siapapun dia, selama dia menggunakan komputer atau internet, maka kudu wajib mengerti tentang security awareness.

Salah satu cara security awareness dengan cara mengikuti program Secure Computer User dari EC-Council. Dalam program ini kita akan dibekali bagaimana menjaga keamanan data kita. Detail syllabus dan jadwal bisa dilihat di link berikut ini

Di akhir program, akan ada test security awareness dan jika anda berhasil anda akan mendapatkan sertifikasi international Certified Secure Computer User (CSCU).

Comments are closed.